by

Gawat! Raksasa Migas Cabut dari RI, Akankah Chevron Menyusul?

JAKARTA- Proyek hulu migas (minyak dan gas) nasional perlahan mulai ditinggalkan perusahaan migas asing besar. Baru-baru ini, ConocoPhillips selaku perusahaan migas berbasis di Amerika Serikat telah melepas sahamnya di Blok Corridor, Sumatera Selatan kepada PT Medco Energi Internasional Tbk.

Selain itu, Shell juga dilaporkan bakal melepas 35 persen sahamnya dari proyek Blok Masela, Maluku, serta Chevron yang menyatakan akan menarik diri dari proyek Indonesia Deep Water Development (IDD), Kalimantan Timur.

Menanggapi rumor ini, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mewajari jika divestasi dari pemain besar minyak bukan suatu yang asing. Secara bisnis, itu memang bakal dilakukan kalau ternyata kalkulasinya lebih menguntungkan.

BACA JUGA:  Menhan RI-Australia Sepakat Bahas Kerjasama Pertahanan

Kendati begitu, Dwi mengatakan rencana Shell hengkang dari Masela belum terealisasi, karena belum ada deal. Sehingga hak partisipasi (PI) dari proyek Abadi Masela masih dipegang perusahaan migas asal Belanda tersebut bersama Inpex.

“Sejauh ini rencana Shell tersebut belum terealisasi karena belum ada deal. Dan Shell telah menyatakan, kalau tidak ada deal ya Shell akan masih terus sebagai pemegang saham di Masela,” ujar dia, Rabu (22/12).

Terkait Chevron, Dwi turut mengklarifikasi jika perusahaan tersebut bukan mundur dari Blok Rokan di Riau, tapi telah mengakhiri kontraknya pada 8 Agustus 2021 lalu untuk diserahkan ke Pertamina.

“Mengenai Chevron, saya kira perlu diklarifikasi, bahwa di Rokan bukannya Chevron mundur, tapi Chevron kalah dalam tender. Sedangkan untuk di IDD dia memang sesuai dengan portofolio dari Chevron,” tuturnya.

BACA JUGA:  UPDATE CORONA RI 11 September 2020 : Meroket 3.737, Kini Total Positif Jadi 210.940 Orang

“Jadi sekarang mencari partner pengganti, tapi tentu saja sejauh akan ada deal. Kalau enggak ada ya kita akan melaksanakan sebagaimana ketentuan,” ujar Dwi. (Debby/Prasetyo)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.