by

Tjahjo Kumolo Bongkar Bakat Terpendam Jokowi

JAKARTA- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok pemimpin yang juga ahli marketing dan ahli medsos (media sosial). Julukan ini diberikan sebagai apresiasinya terhadap RI 1 yang sigap dalam membangun birokrasi.

“Setiap pemimpin di dunia termasuk di Indonesia itu kebanyakan adalah marketing, ahli marketing. Pak Jokowi itu ahli marketing, ahli medsos,” kata Tjahjo dalam acara Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021, Senin (20/12).

“Terus selalu sensitif dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan ini. Beliau menjual ide, gagasan, dan ini yang harus didukung oleh seluruh birokrasi,” imbuhnya.

Menurut dia, itu tertuang pada ekspektasi Jokowi tentang reformasi birokrasi untuk menciptakan birokrasi yang berorientasi hasil dan lincah. “Kemudian percepatan reformasi birokrasi adalah menunjukan pemerintahan yang baik dan bersih, birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayanan publik yang prima,” tuturnya.

BACA JUGA:  Jokowi-Maruf Amin Dipastikan Dapat THR, Ini Besarannya...

Tjahjo menyatakan, birokrasi merupakan penyambung terpenting dari unsur pemerintahan. Hal ini sudah terlihat sejak masa pemerintahan awal RI dibawah kendali Presiden Soekarno.

“Birokrasi itu adalah lehernya pemerintahan. Mulai zaman Bung Karno sudah menunjuk Jenderal AH Nasution, sudah menunjuk Sri Sultan Hamengkubuwono, sampai pak Harto (menunjuk) pak Awaluddin Djamin mantan Kapolri, sampai ke saya,” paparnya. (Debby)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.